Cerita Rakyat Sangkuriang Lengkap Dengan Gambar

Halo adik - adik semua pada kesempatan kali ini saya sebagai admin yang sayang terhadap anak-anak ingin sekali membagikan sebuah cerita rakyat sangkuriang yang dimana kisah ini di tulis oleh penerbit M.Rantisi Dan ini merupakan sebuah dongeng atau cerita yang berasal dari daerah jawa barat. Yuk langsung saja kita baca bersama.

Cerita Rakyat Sangkuriang

Pada zaman dahulu kala ada seorang perempuan cantik yang bernama Dayang Sumbi. Dia mempunyai seorang anak Laki-laki yang tampan bernama Sangkuriang. Dayang Sumbi sangat menyayangi anaknya, ia dan anaknya tinggal di sebuah kerajaan. Selain itu ditempat mereka tinggal ada seekor anjing yang bernama Tumang.

Cerita Rakyat Sangkuriang

Sangkuriang memiliki kebiasaan yang sangat ia sukai yaitu berburu ke dalam hutan bersama Tumang. Setiap kali berburu ia selalu berhasil menangkap kambing hutan dan juga Rusa. Sangkuriang sangat senang sekali jika berhasil menangkap binatang-binatang itu.

Cerita Rakyat Sangkuriang

Pada suatu hari, Sangkuriang telah melakukan kesalahan yang sangat besar, sehingga membuat ibunya Marah besar, dia telah membunuh si tumang anjing peliharaannya itu. Sangkuriang tidak mengetahui bahwa anjing itu adalah titisan dewa dan juga merupakan ayahnya. Tanpa sengaja Dayang Sumbi memukul sangkuriang dengan sendok nasi sehingga kepalanya terluka.

Cerita Rakyat Sangkuriang

Dayang Sumbi menyesali perbuatannya, karena anak satu - satunya meninggalkan dirinya. Semenjak itu Dayang Sumbi selalu berdoa kepada para dewa dan para dewa memberikan hadiah berupa kecantikan abadi. Dayang Sumbi baru menyadari bahwa dirinya awet muda karena melihat teman-teman sebayanya rambut mereka sudah mulai beruban dan berjalan sudah mulai membungkuk.

Cerita Rakyat Sangkuriang

Selama mengembara Sangkuriang bertemu seorang kakek tua sakti mandraguna. Oleh kakek tua itu sangkuriang diajarkan segala macam ilmu bela diri. Sangkuriang anak yang pandai tidak perlu waktu lama ia sudah menguasai ilmu yang diajarkan oleh si kakek tua itu.

Cerita Rakyat Sangkuriang

Dengan Kepandaian ilmu bela diri yang didapatnya Sangkuriang dengan mudah mengalahkan semua binatang buas yang ada di hutan. Raja hutan pun berhasil ia kalahkan dengan mudah. Tidak hanya itu, raja jin pun bisa dikalahkan olehnya. Sehingga raja jin beserta pengikutnya menjadi anak buah Sangkuriang.

Cerita Rakyat Sangkuriang

Pada suatu sore, di tepi sungai Sangkuriang melihat Gadis cantik, Dia pun langsung menghampiri gadis cantik itu. Ternyata gadis cantik itu Dayang Sumbi. ia pun langsung jatuh hati kepada sangkuriang, namun betapa kagetnya dayang Sumbi ketika melihat bekas luka dikepalanya itu. Ia pun langsung menjelaskan bahwa Sangkuriang adalah anaknya.

Cerita Rakyat Sangkuriang

Akan tetapi Sangkuriang tidak menerima cerita Dayang Sumbi. Sangkuriang tetap nekat akan menikahi Dayang Sumbi. Lalu Dayang Sumbi memiliki akal agar ia tidak terjadi pernikahan itu, ia memberikan syarat kepada Sangkuriang  jika ingin menikahi dirinya. Syarat pertama Sangkuriang harus bisa membendung sungai citarum dan syarat kedua ia minta Sangkuriang untuk membuat sampan untuk menyeberangi sungai itu dan itu harus selesai sebelum fajar menyingsing.

Cerita Rakyat Sangkuriang

Sangkuriang menyanggupi permintaan Dayang Sumbi. Dia dengan kesaktiannya mengerahkan Makhluk gaib untuk membantu menyelesaikan pekerjaan itu. Dayang Sumbi pun diam -diam mengintip pekerjaan tersebut.

Cerita Rakyat Sangkuriang

Begitu pekerjaan itu hampir selesai, Dayang Sumbi memerintahkan pasukannya untuk menggelar kain sutra merah di sebelah timur kota. Ketika menyaksikanwarna memerah di timur kota sangkuriang mengira hari sudah menjelang pagi. ia pun menghentikan pekerjaannya. Ia sangat marah oleh karena itu ia tidak dapat memenuhi syarat yang diminta Dayang Sumbi.

Cerita Rakyat Sangkuriang

Dengan kekuatannya, Sangkuriang menjebol bendungan yang dibuatnya. Terjadilah banjir besar melanda seluruh desa. Ia pun kemudian menendang sampan besar yang dibuatnya, Sampan itu melayang dan jatuh menjadi sebuah gunung yang bernama Tangkuban Perahu.

Nah, gimana adik-adik sudah mulai senang kan membaca Cerita Rakyat Sangkuriang yang admin tuliskan ini. Disini kalian jadi mengetahui sedikit sejarah tentang tangkuban perahu yang berada di jawa barat itu.
Putri Andina Membahagiakan orang lain melalui tulisan jadi pekerjaan menyenangkan bagi saya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel